Kamis, 22 Oktober 2009

Anakku Ulangtahun..

Saat menginjak satu tahun, tahun 2007, seminggu sebelumnya ia mulai dapat berjalan. Tidak sengaja, saat kami bawa ke tempat rumput yang luas, hanya beberapa kali jatuh Alhamdulillah tiba-tiba dapat berjalan mengikuti abang sepupunya berjalan cukup jauh. Hal inilah yang membuat sang nenek senang, dan ingin merayakan dgn kue ulangtahun pertamanya. Aku terharu, padahal saat itu kami sebagai orangtua hanya bisa memberinya "selamat dan do'a" tidak terlalu melebihkan dengan hal2 yang belum ia mengerti (sebenarnya sih karena keadaan kami masih beranjak nilai nol menuju 1 point, belum punya macam2). Ibu, terimakasih banyak ya...


Ulangtahun ke 2, tahun 2008. Saat itu kami sudah pindah rumah, tidak lagi tinggal bersama di rumah Ibu. Alhamdulillah, mulai disinilah titik kemandirian kami. Mulai titik awal ada sedikit kelebihan dalam kehidupan kami. Hitung-hitung menyambung silaturrahmi, dengan susah payah aku masak sendiri, kubuatkan 22 paket dus nasi untuk para tetangga. Dengan mengucap bismillah, anakku itu menemaniku dari mulai memasak sampai membungkus (10 jam berlalu dipotong waktu sholat dan mandi), tanpa diganggu olehnya, betul tanpa gangguan. Anakku yang manis..selamat ulangtahun ya.


Ulangtahun yang ke 3, ya hari ini. Pagi ini pun ia belum bangun, walau aku ucapkan: nak, bangun hari ini kamu ulangtahun, selamat ya. Tapi aaahh, dia tak bergeming sedikit pun (hihihi, tidak mengerti apa ulangtahun lebih tepatnya). Dan kau tahu kawan, aku belum mempersiapkan apapun untuknya. Ya baru ucapan secara langsung padanya dan meulis ucapan syukur di status facebook. Sedangkan Ayahnya sudah membelikan dia hadiah berubah jam tangan lucu. "Bisa untuk main yoyo juga," begitu kata ayahnya.
Kawan, sebenarnya kami ingin mengulang memberikan sedikit rasa syukur dan kebahagiaan kepada anak kami dengan memberikan sekedar nasi bungkus untuk para teman dan tetangga lagi.
Apalagi ulangtahun kali ini ada tambahan spesial. Anakku sudah tahu huruf hijaiyyah yang terangkum dalam buku Iqro 1, lulus dengan baik. Alhamdulillah, sekarang meningkat kepada Iqro 2, selamat ya nak.. semoga bermanfaat untukmu kelak.

Tapi sepertinya hari ini kami hanya cukup dengan memberikan kebahagian yang lain saja, sederhana, simpel, dan tidak membuat oranglain curiga. Yap, berupa kado saja ya nak...

Tidak ada komentar: